26/02/19

Pihak Penyelenggara pemilu Bersinergi Menetapkan DPTb dan PDK aman dan Kondusif

Pihak penyelenggara Pemilu Kpud dan Banwaslu Kabupaten Kayong utara. Pada hari ini Senin tanggal  25 Februari 2019 pukul 13.00 WIB, bertempat di kantor BAWASLU   Kab. Kayong utara beralanat  di,Jalan Batu Daya II Sukadana. Dilakasanakan rapat  Sinkronisasi Penyusunan DPTb  pemilu 2019.

Kegiatan Rapat sinkronisasi diselenggarakan  Banwaslu melalui
Ketua Bawaslu Khosen. S.H. yang didampingi komisioner Bawaslu Kosasih S. E,  dan Dahlia. Spd i. Mengundang  ketua KPUD Kab. Kayong utara   Rudi Handoko, S.sos, Komisioner KPU Effian Noer, S.Ag dan perwakilan dari kantor Dinas kependudukan dan pencatatan Silil  Yuda Pratama.
Dengan pokok pembahasan   sebagai berikut ;
Acara dimulai dengan sambutan Ketua Banwaslu, kemudian dilanjutkan
 Penyampaian materi Penyusunan DPTb  Pemilu 2019 oleh komisioner KPUD  Effian Noer.

Kegiatan Rapat Koordinasi Penyusunan DPTb  pemilu 2019 bertujuan untuk menyinkronkan DPTb pada Pemilu 2019.  Yang mana masih belum validnya data penduduk mengingat belum seluruh masyarakat terdata dalam DPT. ("Daftar pemilih Tetap)
 Daftar Pemilih Tambahan (DPTb) Adalah pemilih yang sudah terdata dalam DPT, namun ingin pindah memilih di TPS yang berbeda dari lokasi yang sudah didata. UU Pemilu menyebut beberapa macam pemilih DPTb sebagai berikut:

- Pindah memilih karena menjalankan tugas pemerintahan di tempat lain
-Menjalani rawat inap di rumah sakit atau keluarga yang mendampingi
- Penyandang disabilitas di panti sosial
- Menjalani rehabilitasi narkoba Tahanan
- Siswa atau mahasiswa yang jauh dari rumah
- Pindah domisili
- Korban Bencana alam.
Bahwa Rapat Koordinasi Penyusunan DPTb dan DPK pemilu 2019 sangat penting dilaksanakan agar anggota PPK dapat memahami setiap perubahan data pemilih dan masuk dalam kategori DPTb atau DPK.
Dengan banyaknya penduduk Kab
 Kayong utara,  yang belum memiliki KTP sehingga tidak terdaftar dalam DPT, sehingga apabila mau memberikan hak pilihnya di KKU maka akan masuk daftar DPTb dan Dafrar pemilih khusus.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bhabinkamtibmas Himbau 5M

    Kayong Utara – Saat ini gencar diberikan anjuran kepada masyarakat tentang menggunakan masker saat bepergian, selalu mencuci tangan dan ...