18/06/20

Cara Cek Fisik Bantuan Kendaraan (“Numpang Gesek Plat Luar”) di Samsat Sukadana

Sukadana - Satlantas Polres Kayong Utara khususnya yang bertugas di Samsat Sukadana bagi masyarakat yang mempunyai kendaraan bermotor ntah itu mobil atau motor, pasti bakalan ketemu sama proses yang namanya bayar Pajak Kendaraan Bermotor 5 tahunan sekali kan? Kita juga harus ganti lembar STNK dan ganti plat nomor. Kendaraan kita harus dibawa ke Samsat untuk digesek nomor rangka dan nomor mesinnya, lalu membayar Pajaknya.

Menurut Kanit Regident Sat Lantas Polres Kayong Utara Aipda Samirin, Untuk gesek nomor rangka dan nomor mesin Harus dilakukan oleh petugas di Samsat. Tidak bisa dilakukan sendiri.

Misalnya nopol kita “BA 1234 ABC” yang brarti kendaraanmu asalnya dari wilayah Sumatera Barat, tapi mobil/motor kamu posisinya di Sukadana karena kamu kerja atau kuliah, kan repot jika harus ngirim mobil/motor dari Sukadana ke Padang, cuma untuk ngurus perpanjangan/penggantian plat kendaraan.

Baur Ce Fisik Satlantas Polres Kayong Utara Briptu Eko WInarto menjelaskan bahwa untuk gesek nomor rangka/mesin itu bisa dimana saja asalkan di kantor Samsat terlebih Kantor Samsat Sukadana bisa melakukan Bantuan Cek Fisik kendaraan dengan mengikuti Prosedur untuk cek fisik. yaitu ke loket dulu untuk ambil dokumen. Jadi motor tinggalkan di antrian, pergilah ke loket yang ada tulisannya “Loket Pendaftaran”, Sesampainya di loket,  sampaikan kepada petugas ingin melakukan Cek Fisik Bantuan.”

dengan syarat memberikan STNK asli dan KTP asli. Setelah itu diberikan 1 (satu) lembar kuning yang berjudul “Hasil Cek Fisik Kendaraan” dan 2 (dua) lembar kecil untuk digesek.  Proses cek fisik kendaraan di Samsat tidak perlu waktu yang lama. di Samsat Sukadana, Cuma perlu waktu ± 20 menit saja. Dan disampaikan kepada Masyarakat tidak dipungut biaya alias gratis 😀 dan ga ada pungli. (Fzl)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bhabinkamtibmas Himbau 5M

    Kayong Utara – Saat ini gencar diberikan anjuran kepada masyarakat tentang menggunakan masker saat bepergian, selalu mencuci tangan dan ...