29/11/19

Polres Kayong Utara Gelar Giat Pembinaan Awak Poskamling Dalam Mendukung Desa Mandiri


Kayong Utara - Pokres Kayong Utara menggelar kegiatan pembinaan awak poskamling guna optimasi peran siskamling guna mendukung program desa mandiri dalam rangka pemeliharaan dan ketertiban masyarakat yang kondusif di kalimantan barat. Yang dilaksanakan di hotel Mahkota jalan Irama Laut, Kecamatan Sukadana, Kabupaten Kayong Utara Kalbar, Kamis (28/11).

Hadir dalam kegiatan tersebut, Kapolres Kayong Utara AKBP Asep I. Rosadi, S.I.K., M.P.A., Ps. Kasat Binmas Ipda Dede Mikdar, para Kapolsek jajaran bersama para Bhabinkamtibmas serta warga masyarakat dari tiga Kecamatan yaitu Kecatan Seponti, Teluk Batang dan Melano yang berjumlah 125 (seratus dua puluh lima) orang.

Kegiatan itu juga dihadiri oleh tim dari Direktorat Binmas Polda Kalbar yang dipimpin oleh Ketua tim AKBP Sigit Eliyanto Nurharjan, S.I.K., (Kasubdid Binpolmas), Kompol Agus Dwi Cahyoni, S.I.K., Aipda Herlambang B.K, Bripka Abdul Muin, Bripka Alamsyah dan Brigadir M. Panggabean.


Kapolres mengatakan dalam sambutannya, bahwa kegiatan yang dilaksanakan ini tujuannya untuk mendukung program pemerintah yaitu pembangunan desa mandiri. Yang dimaksud dengan desa mandiri adalah desa yang memiliki kemampuan melaksanakan pembangunan desa untuk kesejahteraan masyarakat desa dengan tiga indeks yaitu ketahanan sosial, ketahanan ekonomi, dan ketahanan lingkungan dengan 52 indikator secara berkelanjutan.

"Seperti yang kita ketahui bersama, bahwa dalam rangka pembangunan nasional ada bagiannya membangun dari desa. Mulai dari desa sangat tertinggal, begitu diadakan beberapa fasilitas naik menjadi desa tertinggal, dari beberapa indikator terlaksana naik lagi menjadi desa berkembang dan terus membangun lagi apa indikator yang belum dicapai masuk menjadi desa maju dan terus membangun naik menjadi desa mandiri," ucap Kapolres.

Selanjutnya AKBP Asep menjelaskan indeks desa mandiri adalah ketahanan sosial dan ketahanan lingkungan. Ketahanan sosial adalah bagaimana caranya masyarakat desa tersebut bisa membangun dirinya dari sisi keamanan, sisi pertahanan dan lain sebagainya.

"Dari sisi keamanan yang paling gampang dilihat bahwa desa itu punya keamanan sosial adalah ada tidak simbolnya, poskamling. Namun bukan hanya poskamlingnya saja tapi harus ada sistemnya (siskamling)," jelas AKBP Asep.

"Siskamling itu harus ada semua peralatan poskamling standart, adanya awak poskamling yang terlatih. Untuk awak poskamling akan dilatih cara pengamanan lingkungan dan penanganan bencana oleh Kapolsek dan para Bhabinkamtibmas," lanjut laki-laki berpangkat melati dua itu.

Ia juga mengatakan, dengan kerja sama yang baik dan semangat gotongroyong antara warga masyarakat dengan Kepolisian dan semua pihak terkait, Kayong Utara dapat mewujudkan siskamling yang terbaik di Indonesia.

"Sekarang kita kumpul adalah khusus poskamling dengan awaknya, tapi nanti awaknya akan menjadi pionir untuk pembangunan siskamling, sistemnya yang kita bangun," ujarnya

"Semoga, hari ini kita semua dapat ilmunya dan manfaatnya dari acara ini. Dan bapak-bapak ini lah yang akan menjadi mitra terdepan para Polisi di desa dalam membangun siskamling untuk mendukung desa mandiri di kampung masing-masing," harapnya.

Seusai memberikan kata sambutannya, Kapolres memberikan papan nama poskamling kepada 3 perwakilan program desa mandiri yaitu, desa Seponti Jaya, dusun Sidodadi TR 3 B RT. 10, Kecamatan Seponti, desa Teluk Batang, dusun Karya Makmur RT. 10 dan desa Teluk Melano, dusun Eka Jaya Indah RT 11, Kecamatan Simpang Hilir, Kabupaten Kayong Utara Kalbar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bhabinkamtibmas Himbau 5M

    Kayong Utara – Saat ini gencar diberikan anjuran kepada masyarakat tentang menggunakan masker saat bepergian, selalu mencuci tangan dan ...