30/04/18

Kapolri Jenderal Polisi Prof. H. Muhammad Tito Karnavian, Ph.D. menghadiri The 3rd MSG Police Minister & The 8th Police Commissioner Meeting of Melanesian Spearhead Group (MSG)



Kapolri Jenderal Polisi Prof. H. Muhammad Tito Karnavian, Ph.D. menghadiri The 3rd MSG Police Minister & The 8th Police Commissioner Meeting of Melanesian Spearhead Group (MSG) di Kokopo, Papua Nugini, Senin (30/04).

Pertemuan tersebut berlangsung sejak 30 April – 2 Mei 2018. Hadir dalam diskusi tersebut diantaranya Director General of Melanesia Sperhead Group Secertariat Ambassador Amena Yauvoli, PNG For Minister Police and Chair of PMM Hon Jelta Wong, Head of PNG Delegation Hon Petrus Thomas, PNG Police Commissioner and Chair of PMM Mr. Gari Baki, Salomon Islands of Police National Security and Correctional Service Hon Mosses Garu MP, Solomon Police Commissioner Mr. Mathew Varley, Fiji Minister and Defense Security

Pertemuan tersebut dihadiri lima negara pasifik termasuk Indonesia yang merupakan salah satu ras melanesia terbesar di dunia. Indonesia sendiri merupakan associate member dari MSG. Pertemuan tersebut bertujuan untuk meningkatkan kerjasama dalam mengatasi tantangan keamanan bersama diwilayah MSG seperti penyelundupan senjata, cyber crime, terorisme, dan obat-obatan terlarang. Salah satunya dengan melakukan capacity building melalui JCLEC dengan mendorong negara-negara MSG untuk terus berpartisipasi dalam mengirimkan personilnya untuk mengikuti program pelatihan di JCLEC Semarang.

Sebagai associate members, Indonesia turut membantu Solomon Islands untuk masuk menjadi anggota Interpol yang telah diwujudkan dalam kegiatan interpol di Beijing pada 2017 silam.

Selain itu, Indonesia juga turut membantu negara-negara MSG untuk memberikan pelatihan menembak bagi para personel kepolisiannya serta memberikan dukungan fasilitas yang akan diperbantukan kepada Kepolisian Royal Papua New Guinea dalam mempersiapkan kegiatan APEC 2018 yang akan diselenggarakan di Port Moresby.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bhabinkamtibmas Himbau 5M

    Kayong Utara – Saat ini gencar diberikan anjuran kepada masyarakat tentang menggunakan masker saat bepergian, selalu mencuci tangan dan ...